Kompetensi Sosial Pengawas Sekolah dan Madrasah
Kompetensi Sosial Pengawas Sekolah/Madrasah adalah kemampuan pengawas sekolah dalam membina hubungan dengan berbagai pihak serta aktif dalam kegiatan organisasi profesi pengawas

Kompetensi Sosial Pengawas Sekolah atau Madrasah merupakan Salah satu dimensi kompetensi pengawas sekolah/madrasah berdasarkan Permendiknas No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah.

Kelima kompetensi lainnya adalah supervisi akademik, supervisi manajerial, evaluasi pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, dan kepribadian.


Pengertian Kompetensi Sosial Pengawas Sekolah atau Madrasah

Kompetensi Sosial Pengawas Sekolah/Madrasah kemampuan pengawas sekolah dalam membina hubungan dengan berbagai pihak serta aktif dalam kegiatan organisasi profesi pengawas.

Kompetensi sosial mengindikasikan dua keterampilan yang harus dimiliki pengawas yakni

  • keterampilan berkomunikasi baik lisan atau tulisan termasuk keterampilan bergaul dan
  • keterampilan bekerja dengan orang lain baik secara individu maupun secara kelompok/ organisasi.

Kompetensi Inti Sosial Pengawas

Berdasarkan Permendiknas No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pengawas sekolah/madrasah. Kompetensi Sosial terdiri dari 2 kompetensi inti, yaitu

  • Bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas diri untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.
  • Aktif dalam kegiatan asosiasi pengawas satuan pendidikan.

Artikel Kompetensi