Peran Pengawas

3 Prioritas Pendampingan Pengawas Sekolah

ruangpengawas.id. Buku petunjuk pelaksanaan siklus pendampingan pengawas sekolah menjelaskan 3 prioritas yang menjadi pertimbangan dalam melakukan pendampingan oleh pengawas sekolah.

Ketiga prioritas tersebut berdasarkan hasil penentuan strategi pendampingan yang berjumlah 6 strategi.

Baca: 6 Strategi Pendampingan Pengawas Sekolah

Ada 3 prioritas dalam melakukan tugas pendampingan yaitu

Prioritas utama dilakukan kepada sekolah yang komitmen perubahannya di Penyemai Perubahan.

Sekolah dalam spektrum awal perubahan, seperti pada tahap penyemai perubahan, cenderung membutuhkan metode pendampingan yang lebih direktif, dominan satu arah, dan dengan frekuensi lebih intensif agar tujuan perubahan berhasil terinternalisasi pada kepala sekolah sebagai suatu kebutuhan penting.

Sekolah-sekolah pada spektrum ini perlu ditempatkan sebagai prioritas utama dalam rencana kerja pendampingan pengawas sekolah.

Prioritas utama dilakukan kepada sekolah yang komitmen perubahannya di Perubahan Segera, Penguatan Perubahan, Perubahan Berangsur, dan Penguatan Perubahan.

Sekolah dalam spektrum perubahan yang tengah bertumbuh, seperti pada tahap perubahan segera, penguatan perubahan, perubahan berangsur, dan pemicu perubahan, cenderung membutuhkan metode pendampingan kombinatif (direktif dan non-direktif), dua arah, dan dengan frekuensi semi intensif, agar ke depan kepala sekolah dapat terus meningkatkan kapasitas untuk melakukan perubahan secara mandiri.

Sekolah-sekolah pada spektrum ini dapat ditempatkan sebagai prioritas menengah dalam skala prioritas pendampingan.

Prioritas utama dilakukan kepada sekolah yang komitmen perubahannya di Perubahan Berkelanjutan.

Sekolah dalam spektrum perubahan mandiri, seperti pada tahap perubahan berkelanjutan, cenderung membutuhkan hanya metode pendampingan yang bersifat non-direktif, dua arah, dan dengan frekuensi lebih fleksibel.

Ini dilakukan agar perubahan yang telah terjadi dapat terus berdampak secara berkelanjutan, dan menjadi inspirasi praktik baik bagi sekolah lain.

Sekolah-sekolah pada spektrum ini dapat ditempatkan pada urutan prioritas akhir rencana pendampingan pengawas sekolah.