Kompetensi pengawas

Indikator Kompetensi Kepribadian Pengawas Sekolah

ruangpengawas.id. Kompetensi Kepribadian Pengawas Terbaru dijelaskan secara rinci Kamus Model Kompetensi Pengawas Sekolah. Kamus ini merupakan lampiran dari Perdirjen GTK No. 7328 Tahun 2023.

Definisi Kompetensi Kepribadian Pengawas adalah Kemampuan Pengawas Sekolah dalam menunjukkan kualitas diri melalui kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.

Kompetensi Kepribadian Pengawas Sekolah terdiri dari 5 level. Adapun rincian dijelaskan di tabel berikut

Level Kompetensi Deskripsi
Level 1. Memahami Memahami konsep kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.
Level 2. Menunjukkan Menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.
Level 3. Menganalisis Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.
Level 4. Mengevaluasi Mengevaluasi perilaku yang menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.
Level 5. Membimbing Membimbing rekan sejawat dengan menggunakan agensi diri untuk menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.


Kompetensi kepribadian pengawas sekolah terdiri 3 indikator kompetensi, yaitu

1. Kematangan dalam Berperilaku.

Indikator pertama adalah Kematangan moral, emosi dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik.

Adapun deskripsi setiap level Sebagai berikut:

Level Kompetensi Deskripsi
Level 1
Memahami
Memahami konsep kematangan moral,emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik.
Level 2
Menunjukkan
Menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik.
Level 3
Menganalisis
Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik.
Level 4. Mengevaluasi Mengevaluasi perilaku yang menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual sesuai dengan kode etik.
Level 5. Membimbing rekan sejawat Membimbing rekan sejawat dengan menggunakan agensi diri untuk menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik.

2. Pengembang Diri.

Indikator kedua dari kompetensi kepribadian yaitu Pengembangan diri melalui kebiasaan
refleksi.

Adapun deskripsi kompetensi

Level Kompetensi Deskripsi Level
Level 1. Memahami Memahami konsep pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi.
Level 2. Menerapkan Menerapkan pengembangan diri melalui
kebiasaan refleksi.
Level 3. Menganalisis Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
penerapan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi.
Level 4. Mengevaluasi Mengevaluasi penerapan pengembangan
diri melalui kebiasaan refleksi.
Level 5. Membimbing rekan sejawat Membimbing rekan sejawat dengan menggunakan agensi diri dalam penerapan
pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi.

3. Orientasi pada Peserta Didik

Indikator ketiga dari kompetensi kepribadian pengawas adalah Orientasi berpusat pada peserta didik.

Adapun deskripsi setiap level kompetensi pads indikator ketiga ini dijelaskan di tabel berikut.

Level Kompetensi Deskripsi Level
Level 1. Memahami Memahami konsep pendampingan kepada kepala sekolah dalam mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik.
Level 2. Menerapkan Menerapkan pendampingan kepada kepala sekolah dalam mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik.
Level 3. Menganalisis Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pendampingan kepada kepala sekolah dalam mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik.
Level 4. Mengevaluasi Mengevaluasi penerapan pendampingan kepada kepala sekolah dalam mengoptimalkan layanan pendidikan yang
berpusat pada peserta didik.
Level 5. Membimbing rekan sejawat Membimbing rekan sejawat dengan menggunakan agensi diri dalam penerapan pendampingan kepada kepala sekolah untuk mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik.

Sumber: