Indikator Kompetensi Kepribadian Pengawas Sekolah
ruangpengawas.id. Kompetensi Kepribadian Pengawas Terbaru dijelaskan secara rinci Kamus Model Kompetensi Pengawas Sekolah. Kamus ini merupakan lampiran dari Perdirjen GTK No. 7328 Tahun 2023.
Daftar Isi
Pengertian Kompetensi Kepribadian Pengawas
Definisi Kompetensi Kepribadian Pengawas adalah Kemampuan Pengawas Sekolah dalam menunjukkan kualitas diri melalui kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.
Deskripsi Level Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Kepribadian Pengawas Sekolah terdiri dari 5 level. Adapun rincian dijelaskan di tabel berikut
Level Kompetensi | Deskripsi |
---|---|
Level 1. Memahami | Memahami konsep kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik. |
Level 2. Menunjukkan | Menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik. |
Level 3. Menganalisis | Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik. |
Level 4. Mengevaluasi | Mengevaluasi perilaku yang menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik. |
Level 5. Membimbing | Membimbing rekan sejawat dengan menggunakan agensi diri untuk menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik. |
Deskripsi Kompetensi Berdasarkan Indikator Kepribadian
Kompetensi kepribadian pengawas sekolah terdiri 3 indikator kompetensi, yaitu
1. Kematangan dalam Berperilaku.
Indikator pertama adalah Kematangan moral, emosi dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik.
Adapun deskripsi setiap level Sebagai berikut:
Level Kompetensi | Deskripsi |
---|---|
Level 1 Memahami | Memahami konsep kematangan moral,emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik. |
Level 2 Menunjukkan | Menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik. |
Level 3 Menganalisis | Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik. |
Level 4. Mengevaluasi | Mengevaluasi perilaku yang menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual sesuai dengan kode etik. |
Level 5. Membimbing rekan sejawat | Membimbing rekan sejawat dengan menggunakan agensi diri untuk menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik. |
2. Pengembang Diri.
Indikator kedua dari kompetensi kepribadian yaitu Pengembangan diri melalui kebiasaan
refleksi.
Adapun deskripsi kompetensi
Level Kompetensi | Deskripsi Level |
---|---|
Level 1. Memahami | Memahami konsep pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi. |
Level 2. Menerapkan | Menerapkan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi. |
Level 3. Menganalisis | Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penerapan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi. |
Level 4. Mengevaluasi | Mengevaluasi penerapan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi. |
Level 5. Membimbing rekan sejawat | Membimbing rekan sejawat dengan menggunakan agensi diri dalam penerapan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi. |
3. Orientasi pada Peserta Didik
Indikator ketiga dari kompetensi kepribadian pengawas adalah Orientasi berpusat pada peserta didik.
Adapun deskripsi setiap level kompetensi pads indikator ketiga ini dijelaskan di tabel berikut.
Level Kompetensi | Deskripsi Level |
---|---|
Level 1. Memahami | Memahami konsep pendampingan kepada kepala sekolah dalam mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. |
Level 2. Menerapkan | Menerapkan pendampingan kepada kepala sekolah dalam mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. |
Level 3. Menganalisis | Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pendampingan kepada kepala sekolah dalam mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. |
Level 4. Mengevaluasi | Mengevaluasi penerapan pendampingan kepada kepala sekolah dalam mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. |
Level 5. Membimbing rekan sejawat | Membimbing rekan sejawat dengan menggunakan agensi diri dalam penerapan pendampingan kepada kepala sekolah untuk mengoptimalkan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. |
Sumber: