SPPA3 Perencanaan PA

D.3. Karakteristik Modul Ajar Kurikulum Merdeka di PAUD, SMK, Pendidikan Kesetaraan dan Khusus

Tahap terakhir dari perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka adalah menyusun perencanaan pembelajaran. Pada kurikulum merdeka dikembangkan dengan nama modul ajar. Perlu diperhatikan modul ajar di PAUD, SMK, Pendidikan Kesetaraan, dan Pendidikan Khusus memiliki karakteristik khusus.

Berikut ini merupakan kekhasan modul ajar di setiap jenjang dan jenis yaitu PAUD, SMK, Pendidikan Kesetaraan, Pendidikan Khusus


Karakteristik Modul Ajar PAUD, SMK, dan Pendidikan Khusus

Bagaimana kekhasan modul ajar pada berbagai jenjang?

1. Karakteristik Modul Ajar PAUD

Karakteristik Modul Ajar PAUD. Rencana pembelajaran/modul ajar pada PAUD merupakan dokumen yang setidaknya memuat komponen tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran atau pada rentang waktu yang telah ditentukan.

2. Pendidikan Khusus

Pendidikan Khusus. Pengembangan modul ajar, selain sesuai dengan struktur dan komponen di atas, juga sesuai dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen diagnostik sehingga pengembangan modul ajar dimungkinkan dapat terjadi lintas fase dan elemen.

3. Karakteristik Modul Ajar Pendidikan Kesetaraan

Pendidikan Kesetaraan. Penyusunan langkah-langkah pembelajaran memperhatikan bentuk pembelajaran, yakni tatap muka, tutorial, mandiri ataupun kombinasi secara proporsional dari ketiganya.

Pada modul ajar ini, komponen jam pelajaran mengacu pada pemetaan SKK pada tiap mata pelajaran yang dilakukan oleh satuan pendidikan.

Satu SKK adalah satu satuan kompetensi yang dicapai melalui pembelajaran 1 (satu) jam tatap muka atau 2 (dua) jam tutorial atau 3 (tiga) jam mandiri, atau kombinasi secara proporsional dari ketiganya.

Satu jam tatap muka yang dimaksud adalah satu jam pembelajaran, yaitu

  • sama dengan 35 (tiga puluh lima) menit untuk Program Paket A,
  • 40 (empat puluh) menit untuk Program Paket B, dan
  • 45 (empat puluh lima) menit untuk Program Paket C.

4. Karakteristik Modul Ajar SMK

SMK, Pada mata pelajaran kejuruan, khususnya mata pelajaran konsentrasi keahlian, modul ajar dilengkapi dengan bahan ajar atau lembar kerja atau latihan-latihan sesuai dengan konsentrasi atau keahlian yang akan dipelajari oleh peserta didik.

Modul ajar dapat disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan/atau disusun bersama mitra dunia kerja.