2. Contoh Modul Ajar SD Fase A
Berikut ini contoh modul ajar SD di fase A
MODUL AJAR SD (FASE A)
- Sekolah : SDN Jagakarsa 09
- Kelas /Semester :1/1 (Satu)
- Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
- Elemen : Pancasila
- Alokasi Waktu : 2 JP
I. Tujuan Pembelajaran:
- Menemukan informasi mengenai simbol- simbol Pancasila
- Menyebutkan simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila.
- Memahami hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila Pancasila dari sila ke-1 sampai dengan sila ke-5
II. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
---|---|---|
Pendahuluan | Melakukan pembukaan dengan salam dan membaca doa dipimpin seorang peserta didik. Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan pengalaman peserta didik. Memberikan gambaran tentang tujuan pembelajaran, dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. | 10 Menit |
Kegiatan Inti | Pendidik bersama peserta didik membaca bersama teks Pancasila. Mendiskusikan makna setiap sila dan kaitannya dalam kehidupan sehari-hari (penguatan elemen akhlak kepada manusia dan elemen kepedulian). Pendidik memberikan penjelasan akan pentingnya menghafal, memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pendidik mengajak peserta didik bermain kartu “Mencari Kata untuk Pancasila”. Kartu ini dapat didesain sendiri oleh Pendidik sesuai kreativitas untuk mempermudah mengenalkan kata pada setiap sila Pancasila (penguatan elemen berpikir kritis). Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dan menerapkan metode jigsaw. Setiap kelompok akan mencari kata dan menyusun setiap sila Pancasila (penguatan elemen kolaborasi). Pendidik membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai panduan aktivitas pembelajaran menyusun kalimat sila Pancasila. Pendidik memandu setiap kelompok yang sudah mampu menyusun untuk dapat bergabung membentuk sila yang utuh (penguatan elemen berbagi). Dipandu oleh pendidik, peserta didik membacakan kalimat sila yang telah disusun. Pendidik memfasilitasi dan memotivasi peserta didik untuk membaca dan menghafal sila Pancasila kembali. | 50 Menit |
Penutup | Pendidik memberikan penguatan dengan pertanyaan “Bagaimana anak-anak, dapatkah anak-anak menghafal sila Pancasila?”. Guru meminta peserta didik untuk terus berlatih menyusun kalimat sila Pancasila di rumah. Pendidik meminta peserta didik untuk membawa LKPD ke rumah masing-masing, dan meminta peserta didik untuk berlatih membaca teks Pancasila di rumah bersama orang tua/ keluarga. Ditutup dengan doa secara mandiri dan motivasi untuk bersemangat dalam belajar | 10 Menit |
III. Asesmen
- Asesmen Awal Pembelajaran: Menyebutkan simbol simbol Pancasila sesuai kartu simbol Pancasila
- Asesmen formatif : Observasi kelas atas partisipasi peserta didik dalam kerja kelompok.
- Asesmen sumatif : presentasi tugas