SPPA8 Lampiran PA

3. Contoh Modul Ajar SMP

Contoh modul ajar SMP tersedia di bawah ini:

CONTOH MODUL AJAR SMP

  • Nama Sekolah : SMP ……………
  • Kelas/Sem : VII/1
  • Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
  • Tahun Pelajaran : 2021/2022
  • Materi Pokok : Bentuk-bentuk praktik ideal Pancasila
  • Alokasi Waktu : 4 JP/2 Minggu

A. Tujuan Pembelajaran

  • Menelaah, mempraktikkan, dan meneladani sikap positif para pendiri bangsa dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

B. Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

  • Pendidik melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Pendidik memastikan tugas sebelumnya sudah selesai untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik tentang materi sebelumnya yaitu menghargai usulan konsep rumusan dasar negara yang disampaikan para pendiri negara.
  • Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari materi meneladani sikap positif para pendiri bangsa.

Kegiatan Inti

  • Peserta Didik dibagi menjadi 8 kelompok untuk melakukan telaah video (https://www. youtube.com/watch?v=5l5lNHaJbvk) dan atau materi tentang sikap positif para pendiri bangsa dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
  • Peserta didik memastikan diri sudah menerima LKPD yang berisi grafik tentang kasus Covid 19.
  • Peserta didik mengamati grafik, dan memperoleh informasi tentang persentase kenaikan kasus Covid 19 di Indonesia.
  • Peserta didik menganalisis kasus Covid 19 dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam Lembar Kerja.
  • Peserta didik membuat laporan hasil tugas.

Penutup

  • Peserta didik melakukan refleksi diri tentang sikap positif para pendiri bangsa dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

C. Asesmen Formatif dan Sumatif

  • Melalui pengamatan terhadap respon, dan sikap yang teramati selama berinteraksi baik dalam proses telaah video/materi, diskusi, maupun dalam proses penyelesaian tugas.
  • Tes tertulis tentang kebenaran konsep dan hasil tugas analisis kasus penderita Covid-19.
  • Produk/hasil penugasan dengan kriteria atau rubrik penilaian yang sesuai.

Perencanaan pembelajaran yang di atas dapat ditemukan di panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka, 2022.