SPPA8 Lampiran PA

5. Contoh Modul Ajar SMA

Contoh Modul Ajar SMA

  • Nama Penyusun : Taman Firdaus, M.Pd
  • Mata Pelajaran : PPKn
  • Fase/Kelas/SMT : E / 10 / Genap
  • Alokasi Waktu : 4 JP (4 X 45 = 180 Menit)

Materi :

  • Mengenali, Menyadari dan Menghargai Keragaman Identitas

Tujuan Pembelajaran

  • 10.11. Mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas

Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN 1 (2 JP)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

  1. Peserta didik mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas.
  2. Peserta didik memimpin doa bersama yang dilanjutkan dengan membaca al-quran secara bersama selama 5 menit.
  3. Peserta didik memperhatikan penjelasan tujuan yang harus dikuasi di akhir pembelajaran dan skenario penilaian selama proses pembelajaran
  4. Pendidik meminta pendidik untuk mengisi grafik TIK atau tabel KWL dengan pertanyaan sebagai panduan
    1. (a) Apa yang kalian ketahui tentang interaksi dan sosialisasi identitas budaya sebagai salah satu cara untuk mengenali dan menghargai keragaman identitas?
    2. (b). Tuliskan apa yang ingin kalian ketahui tentang mengenali, menyadari dan menghargai keragaman identitas.
  5. Pendidik menyajikan pertanyaan kunci terkait materi sebagai berikut:

Kegiatan Inti (60 Menit)

  1. Pendidik menyajikan secara singkat materi pembelajaran dan meminta
    1. peserta didik yang kompetensi awalnya masih kurang untuk untuk membaca lebih lanjut materi melalui buku guru maupun melalui internet dengan pendampingan intensif guru.
    2. Sementara siswa lain yang kompetensi awalnya sudah optimal diminta untuk menjadi tutor sebaya selama proses belajar mandiri.
    3. Peserta didik diberikan keleluasaan untuk memilih materi yang diminati untuk didalami dan berbagi informasi dalam mendalami materi tersebut dan materi lainnya dengan tutor sebaya.

Contoh kegiatan pembelajaran berdiferensiasi sebagai tindak lanjut dari hasil asesmen formatif awal. Lihat Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka

  1. Pendidik meminta peserta didik untuk menonton video tentang “Gus Dur-Keragaman Bangsa melalui link https://www.youtube.com/watch?v=ESNyoOUrq_o
  2. Setelah menonton video siswa diminta untuk memberikan pendapat dan jawaban terkait dengan pertanyaan pemantik diskusi yaitu
    1. Apakah ada dari peserta didik yang bertetangga dengan mereka yang berbeda agama atau suku? Bagaimana kehidupan keseharian dijalani?
    2. b) Bagaimana tanggapan kalian terhadap pelabelan terhadap kelompok tertentu?
  3. Pendidik membagi kelas menjadi tiga sampai empat kelompok besar yang terdiri dari 5 sampai dengan 7 peserta didik berdasarkan kesamaan minat.
  4. Pendidik meminta setiap kelompok memberi nama pada kelompok berdasarkan minatnya pada etnik tertentu.
  5. Pendidik meminta setiap kelompok membuat simbol kelompok.
  6. Pendidik meminta peserta didik mendiskusikan filosofi dari gambar yang menjadi lambang atau simbol bagi kelompok tersebut.
  7. Pendidik meminta setiap kelompok untuk membuat presentasi kerja kelompok (Presentasi kerja kelompok dapat berupa PPT, Video animasi, atau simulasi drama atau media presentasi lain)
  8. Sebelum presentasi tugas kelompok, ruang kelas di setting dengan model kelas U.
  9. Mempresentasikan hasil diskusinya secara bergantian di depan kelas.
  10. Pendidik menjelaskan maksud dari aktivitas yang telah dilakukan oleh peserta didik merupakan gambaran dari wajah Indonesia yang beragam kemudian disatukan dalam satu wadah negara bangsa yang bernama Indonesia.

Penutup (15)

  1. Sebelum mengakhiri pelajaran, Pendidik bersama siswa menyimpulkan materi.
  2. Pendidik meminta siswa untuk menyampaikan lesson learned dari proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan memeriksa pemahaman peserta didik dengan meminta mereka menjawab pertanyaan kunci pada awal diskusi menggunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami. Peserta didik dapat menuliskannya di kolom refleksi (Buku Siswa) atau menyampaikannya secara lisan.
    1. a. Dari proses belajar hari ini, hal yang saya pahami adalah …
    2. b. Dari proses belajar hari ini, hal yang belum saya pahami adalah/saya ingin mengetahui lebih dalam tentang …
    3. c. Dari proses belajar hari ini, hal yang akan saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari …
  3. Pendidik meminta peserta didik untuk mengekspresikan perasaannya selama proses pembelajaran dengan mencentang emoji sesuai dengan perasaan yang dirasakan
  4. Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar

Asesmen (Instrumen Terlampir)

  1. Asesmen di awal Pembelajaran: Meminta peserta didik untuk mengisi tabel KWL
  2. Asesmen Formatif: Observasi kelas, penilaian diri, penilaian antar teman, refleksi, mengobervasi efektivitas penyajian presentasi dalam kelas, partisipasi dalam diskusi, mengobservasi partisipasi dalam diskusi , Uji pemahaman
  3. Asesmen Sumatif : presentasi tugas dan tes tertulis

Contoh Modul Ajar SMA berdasarkan kurikulum merdeka di atas menunjukan sebagai contoh modul ajar dengan komponen sederhana. Bukan Modul Ajar Lengkap


Lampiran Pembelajaran dan Asesmen