Instrumen

Melakukan Analisis SWOT Karakteristik Madrasah di Kurikulum Merdeka

meqaplus.com. Panduan Pengembangan KOSP Kurikulum Merdeka menjelaskan cara menganalisis karakteristik satuan pendidikan dengan Analisis SWOT pada KOSP. Pilihan 3 ini merupakan paling populer dalam melakukan Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan.

Analisis kekuatan, aspek perbaikan di dalam satuan pendidikan, serta kesempatan dan ancaman terhadap satuan pendidikan dengan mempertimbangkan sudut pandang peserta didik dan orang tua.

Pada pilihan 3, kepala satuan pendidikan menangkap aspirasi peserta didik dan/atau orang tua dalam mengembangkan kurikulum operasional.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran riil kebutuhan dan aspirasi peserta didik, serta harapan dan dukungan dari orang tua murid.

Pengawas atau Penilik dapat memantau proses penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan dan menjadi mentor jika diperlukan untuk merancang instrumen pengambilan informasi dan metode analisisnya.

Kepala satuan pendidikan dapat mengembangkan analisisnya berdasarkan data yang diperolehnya dan membuat prediksi kesempatan dan ancaman berdasarkan masukan dari pendidik, peserta didik, dan orang tuanya.

Data Analisis SWOT

Data yang dapat tersedia dalam melakukan analisis pada pilihan 3:

  • Rapor Pendidikan: mutu dan hasil belajar, kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta mutu dan relevansi pembelajaran
  • Hasil observasi pembelajaran
  • Masukan dari pendidik, peserta didik, dan/ atau orang tua murid

Contoh Pertanyaan Analisis SWOT Karakteristik Madrasah

Contoh pertanyaan:

  • • Bagaimana pencapaian satuan pendidikan saat ini?
  • Apa kekuatan sekolah yang harus ditonjolkan?
  • Apa pembelajaran terpenting yang peserta didik dapatkan selama belajar di satuan pendidikan?
  • • Apa sumber daya atau kesempatan belajar yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran peserta didik?

Cara Analisis SWOT pada KOSP

Contoh untuk Seluruh Jenjang: Analisis Karakteristik. Satuan Pendidikan dengan Analisis kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman atau yang biasa kita sebut sebagai SWOT merupakan cara yang umum dilakukan dalam mengenali satuan pendidikan dan lingkungannya untuk dasar penyusunan strategi dalam mengembangkan dan mengatasi permasalahan satuan pendidikan.

Internal

S
STRENGTH (KEKUATAN)
W
WEAKNESS (KELEMAHAN)
Situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki satuan pendidikan yang bisa memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang.Situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki satuan pendidikan yang bisa memberikan pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang.
Contoh pertanyaan:
Kekuatan atau kelebihan apa yang dimiliki satuan pendidikan?

Apa yang membuat satuan pendidikan lebih baik dari satuan pendidikan lainnya?
Contoh pertanyaan:
Apa yang belum berjalan dengan baik?

Apa saja kebutuhan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang belum terpenuhi di satuan pendidikan?

Eksternal

O
OPPORTUNITY (PELUANG)
T
THREAT (ANCAMAN)
Situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar satuan pendidikan yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari.Ancaman atau tantangan apa saja yang mungkin akan dihadapi satuan pendidikan yang bisa menghambat laju perkembangan satuan pendidikan.
Contoh pertanyaan:
Apa sumber daya dari lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan dalam proses belajar?

Apa saja kesempatan yang ada di luar satuan pendidikan? (Misal: lingkungan yang mendukung, pelaku usaha yang relevan, serta berpotensi untuk diajak bersinergi dalam pengembangan sekolah)

Contoh pertanyaan:
Hambatan apa yang sedang dihadapi sekarang?

Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan berdampak bagi perkembangan satuan pendidikan?
Analisis SWOT pada KOSP Kurikulum Merdeka

Sumber: Panduan Pengembangan KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan pada Kurikulum Merdeka, 2022