8. Contoh Rubrik Penilaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Contoh rubrik penilaian pembelajaran kurikulum merdeka dijelaskan di panduan pembelajaran dan asesmen, 2022
Daftar Isi
Contoh Alternatif 1 Rubrik Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (Umum) sebagai Penilaian Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran | Perlu Bimbingan | Cukup | Baik | Sangat Baik |
---|---|---|---|---|
Tuliskan Tujuan Pembelajaran di sini | Belum menunjukkan penguasaan kompetensi dan lingkup materi yang ada pada tujuan pembelajaran | Menunjukkan sebagian kecil penguasaan kompetensi dan lingkup materi yang ada pada tujuan pembelajaran | Menunjukkan sebagian besar penguasaan kompetensi dan lingkup materi yang ada pada tujuan pembelajaran | Menunjukkan penguasaan pada semua (atau melebihi) kompetensi dan lingkup materi yang ada pada tujuan pembelajaran |
Catatan :
- Rubrik ini sangat sederhana dan bersifat umum. Disarankan hanya digunakan bagi pendidik untuk berlatih memahami, menyusun dan menerapkan rubrik kriteria ketercapaian .
- Pada tahap selanjutnya, diharapkan pendidik berlatih menggunakan rubrik yang terinci.
- Penamaan kriteria di atas (perlu bimbingan, cukup, baik, atau sangat baik) dapat diubah atau diadaptasi sesuai kebutuhan.
- Dalam memetakan peserta didik ke dalam 4 kriteria tersebut, pendidik diharapkan melakukannya dengan penuh pertimbangan yang dilengkapi dengan bukti berupa kinerja dan/atau ada produk yang dihasilkan peserta didik
- Hasil yang diperoleh dari rubrik ini digunakan untuk melakukan pembelajaran terdiferensiasi, misalnya:
- Perlu bimbingan : peserta didik mengikuti remedial pada keseluruhan materi sebelum memasuki pembelajaran lebih lanjut, atau mempelajari tujuan pembelajaran yang lebih rendah.
- Cukup : peserta mengikuti remedial sebelum mengikuti pembelajaran selanjutnya dengan penekanan pada aspek-aspek yang belum dikuasai
- Baik : peserta didik mengikuti pembelajaran selanjutnya
- Sangat baik : peserta didik mengikuti pembelajaran selanjutnya dan dilibatkan menjadi tutor sebaya atau diberikan pengayaan.
- Baca:
Contoh Alternatif 2. Lembar Ceklis
- Tujuan Pembelajaran Kelas X (Fase E)
- Menguraikan tentang identitas pada aspek jenis dan pembentukannya, serta mampu memberikan contoh masing-masing jenis identitas dan mengaitkan konsep identitas tersebut dengan Pancasila.
Indikator Tujuan Pembelajaran | Ya | Tidak |
---|---|---|
Menguraikan tentang identitas | ||
Memberikan contoh tentang identitas | ||
Menghubungkan konsep identitas dengan Pancasila |
Catatan pada contoh RPP SD Fase B
- • Rubrik ini lebih rinci dibanding alternatif 1. Dapat menjadi alternatif bagi pendidik yang telah lancar dalam menggunakan alternatif 1.
- • Penamaan dan banyaknya 2 kriteria di atas (Ya/Tidak) dapat diubah atau diadaptasi sesuai kebutuhan. Misalnya dengan menggunakan 3 kriteria (Perlu peningkatan, cukup, baik)
- • Banyaknya indikator tujuan pembelajaran, menyesuaikan dengan kompetensi dan ruang lingkup materi pada tujuan pembelajaran
- • Dalam memetakan peserta didik ke dalam 2 kriteria tersebut, pendidik diharapkan melakukannya dengan penuh pertimbangan yang dilengkapi dengan bukti berupa kinerja dan atau ada produk yang dihasilkan peserta didik.
- • Hasil yang diperoleh dari rubrik ini digunakan untuk melakukan diferensiasi pembelajaran. Misalnya, peserta didik dengan kriteria (Ya) dapat melanjutkan pada tujuan pembelajaran berikutnya, sementara peserta didik dengan kriteria (Tidak) dapat diberikan remedial sesuai dengan indikator yang belum dikuasai.
Contoh Alternatif 3 A. Rubrik Terinci
- Tujuan Pembelajaran IPAS Fase C:
- Menyelidiki ragam sumber energi yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekitar.
Indikator Tujuan Pembelajaran | peRLU Bimbingan | cukup | baik | Sangat Baik |
---|---|---|---|---|
Mampu menguraikan manfaat sumber energi | Belum mampu menguraikan manfaat sumber energi | Menguraikan 1 contoh manfaat sumber energi | Menguraikan 2 contoh manfaat sumber energi | Menguraikan lebih dari 2 contoh manfaat sumber energi |
Mampu melakukan pengamatan sesuai prosedur | Memerlukan bimbingan dalam melakukan prosedur pengamatan | Melakukan prosedur pengamatan secara mandiri, namun masih ditemukan 1 atau 2 kali kesalahan | Melakukan prosedur pengamatan secara mandiri dengan tepat | Mampu mengarahkan teman yang lain dalam melakukan prosedur pengamatan. |
Catatan :
- Rubrik ini lebih lebih rinci dibanding alternatif 1 dan 2. Dapat digunakan bagi pendidik yang telah terbiasa menggunakan rubrik.
- Banyaknya indikator tujuan pembelajaran menyesuaikan dengan kompetensi dan ruang lingkup materi pada tujuan pembelajaran
- Penamaan dan banyaknya 4 kriteria di atas (perlu bimbingan, cukup, baik, atau sangat baik) dapat diubah atau diadaptasi sesuai kebutuhan. Jumlah jenis kriteria juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan; misalnya, dapat menggunakan 5 jenis kriteria.
- Dalam memetakan peserta didik ke dalam jenis kriteria tersebut, pendidik diharapkan melakukannya dengan penuh pertimbangan yang dilengkapi dengan bukti berupa kinerja dan atau ada produk yang dihasilkan peserta didik.
- Hasil yang diperoleh dari rubrik ini digunakan untuk melakukan pembelajaran terdiferensiasi, misalnya:
- • Perlu bimbingan : peserta didik mengikuti remedial pada keseluruhan materi sebelum memasuki pembelajaran lebih lanjut, atau mempelajari tujuan pembelajaran yang lebih rendah.
- • Cukup : peserta mengikuti remedial sebelum mengikuti pembelajaran selanjutnya dengan penekanan pada aspek-aspek yang belum dikuasai
- • Baik : peserta didik mengikuti pembelajaran selanjutnya
- Sangat baik : peserta didik mengikuti pembelajaran selanjutnya dan dilibatkan menjadi tutor sebaya atau diberikan pengayaan.
Contoh Alternatif 3 B Rubrik Terinci Penilaian Pembelajaran Fase E
- Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X (Fase E)
- Menguraikan tentang identitas pada aspek jenis dan pembentukannya, serta mampu memberikan contoh masing-masing jenis identitas dan mengaitkan konsep identitas tersebut dengan Pancasila.
Indikator Tujuan Pembelajaran | Intervensi Khusus | Dasar | Cakap | Mahir |
---|---|---|---|---|
Menguraikan tentang identitas | Tidak tepat menguraikan tentang identitas | Mampu menguraikan tentang identitas dengan bimbingan | Mampu menguraikan identitas yang berasal dari beberapa sumber dengan bimbingan | Mampu menguraikan identitas dari berbagai sumber tanpa bimbingan |
Memberikan contoh tentang identitas | Tidak mampu memberikan contoh tentang identitas | Hanya mampu memberikan 2 contoh tentang identitas | Mampu memberikan 3-4 contoh tentang identitas | Mampu memberikan lebih dari 5 contoh tentang identitas |
Menghubungkan konsep identitas dengan Pancasila | Tidak dapat membuat hubungan antara konsep identitas dengan Pancasila | Mampu membuat 1 hubungan antara konsep identitas dengan Pancasila | Mampu membuat 2-3 hubungaan antara konsep identitas dengan Pancasila | Mampu membuat lebih dari 3 hubungan antara konsep identitas dengan Pancasila |
Catatan :
- ■ Rubrik ini lebih rinci dibanding alternatif 1 dan 2. Dapat digunakan bagi pendidik yang telah terbiasa menggunakan rubrik.
- ■ Banyaknya indikator tujuan pembelajaran, menyesuaikan dengan kompetensi dan ruang lingkup materi pada tujuan pembelajaran
- ■ Penamaan dan banyaknya 4 kriteria di atas (intervensi khusus, dasar, cakap, atau mahir) dapat diubah atau diadaptasi sesuai kebutuhan. Jumlah jenis kriteria juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan; misalnya, dapat menggunakan 5 jenis kriteria.
- ■ Dalam memetakan peserta didik ke dalam jenis kriteria tersebut, pendidik diharapkan melakukannya dengan penuh pertimbangan yang dilengkapi dengan bukti berupa kinerja dan atau ada produk yang dihasilkan peserta didik.
- Hasil yang diperoleh dari rubrik ini digunakan untuk melakukan pembelajaran terdiferensiasi, misalnya:
- • Intervensi Khusus: peserta didik mengikuti pembelajaran ulang secara mandiri dengan bantuan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dan tutor sebaya pada keseluruhan materi pembelajaran.
- • Dasar: mempelajari beberapa materi melalui diskusi terfokus dengan tutor sebaya
- • Cakap: diberikan materi pembelajaran selanjutnya dan pendampingan secara berkelompok untuk memperkuat penguasaan terhadap materi pembelajaran
- • Mahir: mengikuti pembelajaran selanjutnya, diberikan materi pengayaan dan dilibatkan secara aktif sebagai tutor sebaya.